Fakutas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Pelepasan Program KKL/ Magang untuk mahasiswa semester VII (tujuh), Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, Senin (03/07/2023), yang diselenggarakan secara langsung di Ruang Aula Alumni FH UNIDA.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Aal Lukmanul Hakim, SH., MH, Dekan FH, Dr. Nurwati, SH., MH, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Ani Yumarni, SHI., MH, Wakil Dekan Bidang Non Akademik, R. Djuniarsono, SH., MH, Ketua Program Studi Hukum R. Yuniar Anisa Ilyanawati, SH., MH, beberapa mitra KKL/ Magang, seperti Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mahkamah Pusat Keadilan, Dr. Weldy Jevis Saleh, SH., MH dan Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor, Dr. J. Jopie Gilalo, SH., MH, Para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta mahasiswa peserta KKL/Magang.

Dekan FH dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan KKL/magang kali ini merupakan kegiatan magang mandiri, yang sedikit berbeda dengan magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini hanya dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada 03 Juli sampai dengan 03 Agustus 2023 dan tidak dikonversi ke mata kuliah Program Studi Hukum. Namun tetap dalam tujuan kegiatan KKL/Magang, yaitu untuk mengasah kemampuan Hardskill mahasiswa sebagai kesiapan memasuki dunia kerja, khususnya di bidang profesi hukum, serta mencapai target lulusan tepat waktu.

"Kegiatan KKL/Magang ini dilaksanakan dengan 41 mitra magang, 16 mitra magang sudah melakukan MoA dan 26 mitra lagi akan disusul segera untuk melaksanakan MoA dan IA nya. Sehingga hal ini dapat meningkatkan kinerja untuk pemenuhan IKU 6 Program Studi Hukum tentang kerjasama dengan mitra. Kegiatan KKL/Magang kali ini sedikit berbeda dengan magang MBKM sebelumnya, yang biasa dilakukan selama 4 - 6 bulan, sekarang cukup hanya 1 bulan, dan tidak berlaku konversi untuk mata kuliah, karena KKL/Magang Ini memang termasuk dalam kurikulum Prodi Hukum yang terdiri dari 3 SKS. Namun akan banyak pengalaman yang dapat diambil, terutama bagi mahasiswa kelas reguler yang belum pernah mendapatkan pengalaman bekerja." tuturnya.

"Dalam kegiatan ini mahasiswa tetap diwajibkan membuat laporan kegiatan selama KKL/Magang, yang kemudian wajib di unggah pada SPADA-UNIDA setiap minggunya. Pesan saya, agar mahasiswa memaksimalkan kegiatan ini karena waktu yang singkat, bekerjalah dengan baik, terapkan kedisiplinan, fokus, jaga tata krama, inisiatif, proaktif kepada supervisor dan di lingkungan kerja tempat KKL/magang." tambahnya.

Sementara Itu, Ketua LBH Mahkamah Pusat Keadilan, Dr. Weldy Jevis Saleh, SH., MH menyampaikan bahwa ada beberapa program kerja yang akan diajarkan kepada mahasiswa. Sehingga mahasiswa akan dilatih bekerja secara profesional, dengan melatih mental dan Ilmu Hukum secara praktik.

" Ada beberapa Proker dari kantor Kami sehubungan kami bekerjasama dengan perumahan Metland juga, dan nanti akan diajarkan kepada adik-adik mahasiswa yang magang di  kantor kami, sehingga mahasiswa nanti akan dilatih bekerja secara profesional, belajar tentang Legal Opinion, penelusuran hukum, dan program Kuliah Praktik Profesi Hukum. Semoga dapat berjalan dengan lancar." ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan secara simbolis yang ditandai dengan pemakaian jaket almamater oleh Dekan FH kepada perwakilan mahasiswa, serta diakhiri dengan foto bersama.