Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) gelar kegiatan Praktisi Mengajar Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 dengan tema “Mendesain Pembelajaran yang Kolaboratif dan Partisipatif melalui Program Praktisi Mengajar” yang digelar di Kampus FH UNIDA mulai tanggal 03 sampai dengan 19 Mei 2024.

Program Praktisi Mengajar tersebut diisi oleh para praktisi hukum yang kompeten dalam bidangnya seperti Sintha Dec Checawaty, S.H., M.H (Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kabupaten Bogor) pada mata kuliah Hukum Dagang, Wahyu Bekti Anggoro, S.H., M.H (Praktisi di Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)) pada mata kuliah Hukum Persaingan Usaha, Hermawan, S.H., M.H (Pengacara Publik khususnya Abitrase Kepailitan) pada mata kuliah Legal Opinion, Dr. Abdul Majid, S.HI., M.H (Wakil Ketua Pengadilan Agama Bogor) pada mata kuliah Hukum Perkawinan Indonesia, AKBP Dr. Lalu Hedwin Hanggara, S.H., M.H (Kasi Standar Kepemilikan Ranmor Subdit BPKB Ditregident Polri) pada mata kuliah Hukum Perlindungan Anak dan Perempuan, M. Kalim, S.H., M.H (Founder – Managing Partner Garibaldi Karim Legal Network) pada mata kuliah Hukum Kepailitan, Nana Sukarna, S.H (Unsur Pengelola Rumah Sakit Juliana) pada mata kuliah Hukum Kesehatan, Wahyu Ismadi, S.H., M.H (Notaris/PPAT Kabupaten Bogor) pada mata kuliah Hukum Perikatan dan Muhammad Joni, S.H., M.H (Pendiri Law Office Joni & Tanamas) pada mata kuliah Hukum Properti.

Pembukaan Praktisi Mengajar digelar pada 3 Mei 2024 yang dihadiri oleh Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H beserta jajaran dan diisi oleh narasumber pertama yaitu Wakil Ketua Pengadilan Agama Bogor, Dr. Abdul Majid, S.HI., M.H serta diikuti oleh mahasiswa semester 4 FH UNIDA.

Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan praktisi mengajar ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya untuk perluasan wawasan yang dimana mahasiswa tidak hanya belajar dari dosen pengampu saja akan tetapi langsung pada praktisinya.

“Program ini juga sangat berdampak pada peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) FH UNIDA dan alhamdulillah dari tahun 2021 FH UNIDA dalam hal pengimplementasian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka selalu tinggi dan tentu ini akan terus dikembangkan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Selanjutnya Wakil Dekan I FH UNIDA, Dr. Ani Yumarni, S.H.I., M.H menyatakan bahwa program Praktisi Mengajar ini merupakan agenda rutin FH UNIDA yang diselenggarakan setiap semester, dengan tujuan memberikan dan mengembangkan wawasan mahasiswa melalui pembelajaran yang disampaikan langsung oleh unsur praktisi terkait mata kuliah yang diampu, sehingga dengan begitu tercipta kolaborasi dan interaksi yang cukup intens dalam pembelajaran. Dengan hadirnya praktisi memberikan pengembangan pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen dan serta dapat membuka wawasan mahasiswa agar dapat lebih mendalami substansi mata kuliah secara lebih luas.

Sementara itu, Bapak Dr. Abdul Majid, S.HI., M.H sebagai unsur Praktisi Hakim yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Bogor, dalam paparan materinya menyampaikan tentang pengaturan perkawinan di Indonesia dan Kewenangan Peradilan Agama, antara lain tentang sejarah Peradilan Agama dan proses beracara di Pengadilan Agama. Jika berbicara tentang hukum perkawinan itu menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas karena perkawinan itu penuh dengan lika-liku yang menyangkut hubungan antar individu antara calon mempelai putra dan putri dalam rangka membangun keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warahmah. Pengadilan Agama ada pada ranah Yudikatif karena ketika berbicara tentang pengadilan secara hukum bermuara ke Mahkamah Agung.

“Pada Peradilan Agama ada dua proses hukum yaitu perihal cerai atau izin poligami. UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 ada beberapa perubahan dan perbaikan akan tetapi dari tahun 1974  sampai sekarang masih ada yang menikah tanpa dicatat di catatan KUA, karena pada dasarnya UU Perkawinan tidak bersifat mengikat tetapi bersifat anjuran, seharusnya Undang-Undang itu ada reward and punishment,” ungkapnya.

Adapun rangkaian kegiatan Praktisi Mengajar FH UNIDA akan dilanjutkan pada tanggal yang telah disusun dan narasumber yang telah ditetapkan.