Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 3 Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) menyalurkan bantuan pipanisasi kepada warga Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara. Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih bagi warga setempat yang selama ini mengandalkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebanyak 200 pipa diserahkan kepada warga Kampung Cibulao pada Senin (22/7). Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih bagi sekitar 170 keluarga di kampung tersebut.

Ketua KKN Kelompok 3 FH UNIDA, Cayla  menuturkan, pemasangan pipa air bersih ini berlangsung selama tiga hari dan dilaksanakan secara gotong royong bersama warga Kampung Cibulao. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, warga setempat dapat memperoleh akses air bersih yang lebih baik untuk kehidupan sehari-hari.

"Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari warga Kampung Cibulao yang selama ini kekurangan air bersih," ujarnya.

Warga Kampung Cibulao menyambut antusias bantuan pipanisasi ini. Selama ini, meskipun terdapat mata air di kampung tersebut, tidak ada infrastruktur yang memadai untuk menyalurkan air bersih ke permukiman warga.

Ketua RT Kampung Cibulao mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan para mahasiswa UNIDA yang melaksanakan KKN di daerahnya.

"Alhamdulillah, kami warga Kampung Cibulao sangat berterima kasih karena adik-adik KKN dari UNIDA yang sudah banyak membantu kami di bidang hukum dan penyaluran air bersih. Semoga apa yang diberikan untuk warga Cibulao dari adik-adik FH UNIDA dibalas berlipat ganda oleh Allah," ungkapnya.

Adapun penyerahan diberikan langsung secara simbolis oleh Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H.                                 

Dalam sambutannya, Dr. Nurwati, S.H., M.H menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan salah satu upaya para mahasiswa KKN yang betul-betul peduli untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Hal ini bukti nyata mahasiswa KKN yang bukan hanya menjadi panitia Agustusan saja, tetapi lebih dari itu memberikan kontribusi yang sangat berarti kepada masyarakat. Kampung Cibulao saat ini mengonsumsi air dari sungai, padahal mata air dari gunung sangat melimpah ruah. Oleh karena itu, mahasiswa KKN FH UNIDA berinisiatif membantu masyarakat dengan juga mendapat bantuan dari donatur, hamba Allah, yang berharap sumbangan ini dapat bermanfaat dan membawa kebaikan bagi masyarakat Kampung Cibulao,” tutur Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H.