Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan sosialisasi teknis penulisan laporan serta ujian bagi para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Lapang (KKL)/Magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sabtu (6/11/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meetings tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Dekan FH UNIDA Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH dalam sambutannya menuturkan, para mahasiswa diharapkan dapat membuat pelaporan yang baik dalam pelaksanaan KKL/magang maupun KKN MBKM sehingga mendapat hasil maksimal. Dalam prosesnya, ujian KKL/magang dan KKN MBKM merupakan bentuk evaluasi program kegiatan dan juga bagi para mahasiswa yang telah menjalankan program tersebut.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan PKKM Fakultas Hukum UNIDA Bogor yang mana pada hari ini dilakukan sosialisasi teknis terkait dengan penulisan laporan serta ujian KKL/magang dan KKN MBKM nantinya. Diharapkan laporan hasil KKL/magang atau KKN mahasiswa dilapangan dan presentasinya disiapkan dengan baik sehingga hasilnya pun bisa maksimal,” tutur Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Sementara itu, Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor Dr. Nurwati, SH., MH mengatakan, para mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKL/magang maupun KKN MBKM wajib membuat laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Lebih jauh, Dr. Nurwati, SH., MH menjelaskan terkait dengan teknis pelaporan dan ujian seminar KKL/magang maupun KKN MBKM.

“Mahasiswa diwajibkan membuat laporan dan dipertanggungjawabkan melalui bentuk presentasi dalam sidang KKL/Magang dan KKN. Teknis penyusunan laporan juga harus disusun sesuai dengan ketentuan dari Fakultas, dan jangan lupa log book harian juga harus dimasukan sebagai bukti kehadiran dan pelaksanaan tugas selama proses KKL/magang dan KKN di lapangan,” ujarnya.