Dalam rangka monitoring kegiatan mahasiswa magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melakukan kunjungan ke Kantor Notaris & PPAT Kota Bogor Agus Surachman, SH, serta Kantor Notaris & PPAT Kabupaten Bogor Aden Dahri, SH., M.Kn, Kamis (7/10/2021).

Turut ikut serta dalam kunjungan, Dekan FH UNIDA Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menuturkan bahwasanya FH UNIDA Bogor berterima kasih kepada lembaga maupun instansi yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat menimba ilmu dan memperkaya wawasan, khususnya terkait dengan keprofesian di bidang ilmu hukum. 

“Kegiatan mahasiswa magang ini merupakan bagian dari MBKM, yang mana sebetulnya kegiatan magang telah kita laksanakan dari dulu. Perlu kami sampaikan juga terima kasih dan penghargaan kepada para pimpinan lembaga maupun instansi yang sudah memberikan mahasiswa kami tempat belajar, insyaAllah semoga dengan pelaksanaan magang ini mahasiswa bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dapat mengaplikasikan teori yang didapat dari perkuliahan,” tuturnya.

Dr. Agus Surachman, SH, Sp1 dalam sesi wawancara mengungkapkan, para mahasiswa magang dari FH UNIDA Bogor sangat banyak membantu kegiatan kenotariatan. Dr. Agus Surachman, SH, Sp1 berharap pengalaman magang ini menjadi hal yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa untuk dapat menambah wawasan dan kompetensi.

“Di masa pandemi saat ini, alhamdulillah para mahasiswa magang banyak membantu saya. InsyaAllah di sini para mahasiswa belajar bagaimana cara membuat sebuah akta, legalisasi, sampai  menjilid akta. Selain itu bagaimana membayar pajak, menghitung rumus BPHTB, dalam arti lain sudah dapat mengerti pekerjaan notaris ini seperti apa,” ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan lain, Aden Dahri, SH., M.Kn menyampaikan ungkapan terima kasih atas kepercayaan FH UNIDA Bogor menempatkan mahasiswa magang di Kantor Notaris & PPAT Aden Dahri, SH., M.Kn.

“Alhamdulillah terima kasih karena kami dipercaya untuk menerima para mahasiswa magang dari Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor dalam rangka program magang MBKM yang juga termasuk dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka yang didukung penuh oleh Kemendikbudristek, semoga dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat serta kebaikan bagi kita semua,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan monitoring ini dibagi ke dalam beberapa kunjungan.  Sebelumnya, Tim Task Force FH UNIDA Bogor juga telah mengunjungi mahasiswa magang MBKM di Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bogor serta Kantor Notaris Dedih A. Bashori, SH.